Masjid memiliki peranan yang cukup kompleks. Fungsi utama masjid adalah sebagai tempat beribadah untuk umat muslim. Selain itu, masjid juga menjadi tempat untuk proses pembelajaran Al Quran. Untuk mendukung kegiatan tersebut, maka diperlukan perlengkapan masjid yang memadai.

Pada dasarnya perlengkapan yang diperlukan akan disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya saja ketika masjid juga difungsikan sebagai tempat pembelajaran Al Quran, maka akan dibutuhkan meja, lemari, papan tulis, dan perlengkapan belajar mengajar lainnya.

Perlengkapan Masjid

Dalam kehidupan sehari-hari, fungsi masjid menjadi lebih luas dengan berbagai kegiatan yang ada didalamnya. Pengurus masjid akan melengkapi masjid dengan berbagai perlengkapan penunjang. Beberapa contoh benda-benda yang ada di masjid atau perlengkapannya adalah sebagai berikut.

1.     Karpet Masjid

Perlengkapan masjid yang pertama adalah karpet masjid. Karpet ini berfungsi sebagai alas untuk para jamaah mengerjakan sholat. Selain itu karpet juga berguna ketika masjid digunakan sebagai tempat untuk kajian, belajar mengaji, dan lainnya.

Di beberapa tempat mungkin masih banyak masjid yang menggunakan tikar sebagai pengganti karpet. Hal ini disesuaikan dengan kondisi dan juga kemampuan dalam menyediakan perlengkapan dalam masjid.

2.     Mimbar

Mimbar yang ditempatkan di dalam masjid, berfungsi sebagai tempat untuk menyampaikan khutbah Jumat maupun ceramah keagamaan. Mimbar ini disediakan untuk memudahkan penceramah dalam menyampaikan kajian serta khutbahnya.

Pada umumnya mimbar dibuat dari bahan kayu yang diberikan ukiran sedemikian rupa. Untuk ukurannya disesuaikan dengan ukuran masjid atau tempat mimbar yang disediakan. Mimbar dilengkapi dengan mic sebagai pengeras suara, agar para jamaah masjid dapat mendengar dengan baik.

3.     Bedug

Bedug menjadi ciri khas dari masjid-masjid yang ada. Perlengkapan ini digunakan sebagai penanda waktu sholat. Pada saat masuk waktu sholat, maka bedug akan dipukul terlebih dahulu sebelum adzan dikumandangkan.

Sebagian besar bedug terbuat dari kayu dan kulit sapi. Bentuk bedug ini berupa tabung dengan kedua sisinya ditutup menggunakan kulit sapi. Namun saat ini beberapa masjid tidak lagi menggunakan bedug, hanya menggunakan jam digital sebagai penanda waktu sholat.

4.     Jam Dinding

Saat ini jam dinding digital telah banyak digunakan di masjid-masjid. Dengan teknologi canggih, maka jam ini bisa menjadi penanda masuk waktu sholat. Jam dinding digital juga lebih mudah digunakan, serta memiliki waktu yang lebih akurat.

5.     Al Quran

Perlengkapan wajib yang ada dalam masjid adalah Al Quran. Sebagian besar masjid menyediakan Al Quran yang disimpan dalam sebuah lemari khusus. Bagi jamaah atau orang yang sedang berada di dalam masjid, dapat menggunakan Al Quran untuk mengaji.

Al Quran dapat disiapkan dalam berbagai macam ukuran. Namun pada umumnya, pengurus masjid akan menyediakan Al Quran yang memiliki ukuran cukup besar, agar lebih memudahkan ketika membacanya. Selain itu juga bisa diberikan Al Quran yang memiliki terjemahan.

6.     Lemari

Lemari ini merupakan perlengkapan masjid yang sifatnya multifungsi. Tempat penyimpanan ini pada umumnya digunakan sebagai tempat untuk meletakkan mukena, sajadah, Al Quran, buku-buku keagamaan, dan lainnya.

Jenis lemari yang disediakan pada umumnya terbuat dari kayu dengan bagian depan berupa kaca. Namun ada juga yang menggunakan lemari stainless steel karena lebih awet dan memudahkan perawatan.

7.     Sandal Untuk Wudhu

Meskipun tidak semua masjid menyediakan sandal umum untuk wudhu, namun perlengkapan ini juga masih bisa ditemui di beberapa masjid. Pada umumnya masjid yang menyediakan sandal karena memiliki tempat wudhu yang terpisah dengan bangunan utama.

8.     Perlengkapan Sholat

Perlengkapan sholat yang pada umumnya disediakan di masjid adalah mukena, sajadah, dan juga sarung. Perlengkapan ini akan ditempatkan di sebuah lemari agar bisa dipergunakan oleh para jamaah yang membutuhkan.

9.     Perlengkapan Memandikan Jenazah

Pada beberapa masjid, disediakan juga perlengkapan yang digunakan untuk memandikan jenazah. Pada umumnya takmir masjid telah memiliki petugas yang memang akan membantu proses memandikan jenazah bagi masyarakat di sekeliling masjid.

Ada juga masjid yang menyediakan kain kafan serta perlengkapannya. Dengan adanya perlengkapan ini, maka bagi orang yang terkena musibah, dapat memanfaatkan perlengkapan yang disediakan. Adapun sarana prasarana yang digunakan untuk memandikan jenazah meliputi.

  • Tempat memandikan jenazah yang terbuat dari stainless steel
  • Selang
  • Kain penutup untuk menutupi sekeliling tempat memandikan
  • Kain kafan dan kelengkapannya

10.  Keranda Jenazah

Penempatan keranda jenazah di masjid memang lazim dilakukan. Tujuannya adalah memudahkan bagi orang-orang yang akan menggunakannya. Pada umumnya keranda tersebut terbuat dari bahan stainless steel yang anti karat dan mudah dilakukan perawatan.

Jenis keranda ini cukup bervariasi, ada yang memiliki roda seperti kereta jenazah maupun yang tanpa roda. Bentuk dan jenis keranda menyesuaikan dengan kondisi lingkungan dan kebutuhan. Keranda ditempatkan pada ruangan khusus beserta kelengkapanya, antara lain.

  • Kereta jenazah
  • Penutup keranda
  • Payung jenazah
  • Meja untuk menempatkan keranda

11.  Hiasan Dinding

Agar sebuah masjid terlihat lebih indah, maka ditempatkan beberapa hiasan dinding. Pada umumnya hiasan dinding ini berupa kaligrafi yang dipajang di bagian dinding masjid. Pada beberapa masjid, bahkan menggambar langsung kaligrafi di dinding dengan menggunakan cat warna.

Kaligrafi yang dipajang pada dinding, diberikan bingkai kaca agar lebih mudah untuk menggantungkan dan juga membersihkannya. Kaligrafi yang digunakan sebagian besar merupakan Asmaul Husna atau potongan ayat Al Quran.

Masjid memiliki fungsi yang cukup luas. Selain sebagai tempat ibadah, masjid juga digunakan untuk mengaji, musyawarah, dan kegiatan keagamaan lainnya. Perlengkapan masjid yang sediakan, berguna untuk menunjang aktivitas masjid agar lebih nyaman bagi para jamaah maupun masyarakat sekitar.

Nah itu tadi, jika kamu membutuhkan perlengkapan jenazah, percayakan kebutuhan kamu pada Rajane Keranda dan konsultasikan kebutuhan dengan tim ahli kami.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *